Seputar Web...


Tulisan ini merupakan refleksi dari kesedihan penulis akibat banyaknya website beberapa instansi di Provinsi Bengkulu yang akhirnya websitenya ditutup karena tidak mampu membayar kontrak terhadap jasa pembuat website.
Disini penulis tidak mau membahas tentang siapa yang salah dan siapa yang benar, tetapi sekedar share pengalaman penulis bagi websitenya yang close. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah website.
1. Seberapa pentingkah web tersebut dibutuhkan?
Untuk membuat web khusus bagi sebuah instansi membutuhkan dana yang besar, ini juga harus disesuaikan dengan keuangan instansi tersebut. Pertimbangan lain yang perlu juga diperhatikan produk yang dijual apakah laku dipasar atau tidak yang berpengaruh terhadap kelangsungan web tersebut. Pada umumnya pembuatan website harus bermuara kepada kenaikan sales atau penguatan branding usaha.
Membuat Web berarti kita memulai untuk kegiatan yang online. Sebuah situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; web site, site) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet.
Memang sebuah instansi memiliki dana untuk itu, tapi kalau seandainya dana tersebut digunakan untuk hal-hal yang lebih urgent bukankah hal tersebut lebih berguna?. Kalau seandainya kita hanya menggunakan hp untuk sms-an dan nelpon aja untuk apa kita beli hp black berry??. Kegiatan pembuatan web hendaklah jangan dibuat untuk keren-kerenan saja tetapi hendaklah lebih memperhatikan fungsi dari pembuatan web tersebut.

2. Sudah mampukah SDM yang ada untuk terlibat dalam kegiatan web tersebut?
SDM yang ada perlu ditingkatkan dalam ilmu IT nya, maksudnya begini seluruh komponen yang ada dalam sebuah instansi hendaklah dilibatkan secara keseluruhan, jadi tanggung jawab mengenai web tersebut tidak hanya dipegang oleh satu orang saja.

3. Belajar dari sarana yang free di internet
- Pembuatan email free

Untuk menghemat biaya dalam pembuatan email kita bisa memilih penggunaan fasilitas yahoo ataupun gmail atau yang lainnya yang bersifat free dan apabila nanti dibutuhkan kita bisa meng update email tersebut menjadi premium yang memiliki fitur tambahan dalam fasilitas free.

- Pembuatan web blog free
Apa itu web blog??. Blog adalah situs web yang memuat tulisan yang disusun secara kronologis dan biasanya dibuat dengan sudut pandang pribadi, serta lebih terfokus dengan konten yang selalu terupdate. Ibarat rumah di dunia nyata, website atau blog merupakan rumah kita di dunia maya. Semakin nyaman rumah kita maka akan semakin betah tamu-tamu kita berkunjung ke rumah kita. Sama dengan website atau blog, semakin Anda memberikan nilai lebih pada situs Anda, semakin banyak pula tamu yang datang, berkunjung sampai nantinya bisa tertarik dengan program-program marketing yang Anda tanam dalam situs Anda.
Beberapa situs gratisan dalam pembuatan blog/blogingg antara lain: muse crafters.com, vox.com, wordpress.com, inthewire.com, bloggger.com, livejournal.com, journalhome.com, freeopendiary.com, mysapce.com.

- Memilih tempat hosting free
Ada beberapa tempat hosting free yang di internet yang didapatkan penulis dari salah seorang teman blog antara lain :
  1. Anzwers
  2. ASP Host-1
  3. AtHost
  4. AtSpace
  5. AwardSpace
  6. Balasainet
  7. Biz_ly
  8. Bizhosting
  9. BraveNet
  10. Brinkster
  11. Bronwyn_co_uk
  12. ByetHost
  13. Bz_tc
  14. Catch-0
  15. Colony-1
  16. Com-110mb
  17. Com-1111mb
  18. Com-1500mb
  19. Com-20megs
  20. Com-275mb
  21. Com-3000 mb
  22. Com-50Megs
  23. Com-7H
  24. Com-7Host
  25. Com-9999mb
  26. Community Architect
  27. Cool Free Pages
  28. CyberSoup
  29. DigitalZones
  30. DigitalZones
  31. DomainDLX
  32. DotHost
  33. Dreamwater
  34. dan sebagainya yang dapat dicari melalui google.com

Hosting free tersebut dapat diupdate menjadi premium (berbayar) yang tentunya memiliki fasilitas yang lebih dibandingkan dengan gratisan.

- Memilih domain gratisan

Untuk mendaftar Domain free dapat digunakan co.cc com untuk kegiatan pribadi atau instansi yang free 1 tahun. Sedangkan bagi sekolah (yang berhubungan dengan pendidikan) dapat menggunakan domain ac.id atau sch.id yang disediakan oleh beberapa jasa hosting dan domain di internet seperti: www.kiosdomain.com, webiihost.com dan sebagainya yang bisa kita cara di google.com

Apabila dalam pembuatan web blog seluruh komponen dalam sebuah lembaga diikut sertakan untuk memperbaharui isi dari blog yang tentunya kegiatan ini harus memiliki seorang editor sebelum hosting/tulisan baru dimasukkan kedalam blog. Hal positif yang dapat diambil dari kegiatan ini kita dapat menilai kemampuan menulis kita dan terapan ilmu “Belajar sambil ngenet” dapat diterapkan sehingga istilah “Gaptek” tidak akan ada lagi yang pada akhirnya dapat menciptakan sebuah instansi, lembaga di Provinsi Bengkulu yang “MANDIRI” dalam teknologi internet.

Sebuah keinginan dari penulis yang mudah-mudahan dapat terwujud dimasa akan datang:
“Kalo ingin belajar web di www.pariwisata......com” ingin mengetahui tentang update terbaru antivirus di www.tvri......com, ingin belajar trik office 2007 di www.pemda......net dan sebagainya.................


0 Response to "Seputar Web..."

Posting Komentar

wdcfawqafwef