LULUS SERDOS DENGAN MODAL..

Alhamdulillah… saya dinyatakan lulus serdos sesi-2 tahun 2015.

Kegiatan Serdos ini saya ikuti yang ketiga kalinya.. dan saya dinyatakan lulus, tanpa tanggapan dari reviwer, kata teman saya yang tidak lulus dokumen kamu itu tidak diperiksa......ha..ha..ha.. Positive thinking bos.... itu karena pernyataan-pernyataan saya tersebut sudah memenuhi kaidah TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI.... Dulu saya beranggapan (sama sih dengan temen-teman yang belum lulus) Serdos itu untung-untungan tergantung nasib,  tergantung nasib seseorang… he..he.. ternyata itu salah. Untuk lulus serdos itu mudah…dan butuh MODAL..... (harap simak tulisan saya)…

Sekedar refresh tentang Serdos silahkan anda kunjungi web berikuti ini:


Untuk lulus serdos harus jujur…yang dimaksud disini bukan menyalahkan yang tidak lulus serdos itu orang yang tidak jujur … sama sekali tidak. Jujur disini maksudnya untuk lulus serdos dosen tersebut harus memiliki bukti tentang apa-apa yang diceritakannya, kalau tidak ada bukti jangan diceritakan ini hanya akan menjebak anda. Sumber Angka konversi (https://www.plti.co.id/panduan/48-panduan-plt-2)
  • Bercerita tentang tes TPA dan TOEP untuk apa sih tersebut dilakukan?? … menurut saya (maaf sudah 3 kali test / dianggap senior ya he..he..) Biaya yang dikeluarkan untuk kedua tes tersebut di PLTI Rp. 500.000,-. Hasil test tersebut merupakan jebakan dan harus dipahami, kalau hasil test menunjukkan anda mendapatkan skor test TPA < 437 dan test TOEP < 35 ini dikategorikan rendah dan isian instrument penilaian mahasiswa, teman sejawat dan atasan harus rendah juga (baca buku petunjuk serdos di : serdos.dikti.go.id). Bukankah penilaian tersebut rendah=rendah= tinggi dinyatakan LULUS.
  • Apabila kita melakukan nilai persepsi rendah maka kita berkeuntungan untuk mengisi nilai deskripsi di rentang sedang dan tinggi…. (bingung gak sih). Baca petunjuk buku serdos halaman 11 yah…
  • Selanjutnya untuk pengisian di Deskripsi diri saran saya untuk yang memiliki JJA Lektor dan Lektor Kepala ada baiknya ikut prosiding tingkat Nasional sebagai presenter, jurnal nasional yang telah dipublikasikan dan seminar nasional.  Biayanya gimana (silahkan lihat di simlitabmas.dikti.go.id). Ini merupakan  rekam jejak dalam meningkatkan nilai konsistensi anda, sebagai bukti memang anda eksis dalam penelitian. Bila dibutuhkan sebutkan link akun dan password siblitabmas kepunyaan anda, kan nanti passwordnya bisa diganti lagi. Ini berguna untuk mengurangi copas di pernyataan deskripsi anda.
  • Kalau kegiatan prosiding, jurnal sudah terbit dan seminar nasional yang diikuti sudah dilakukan (butuh biaya kan….????) ceritakan saja fokus dari kegiatan tersebut di deskripsi diri anda yah.. yang berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi., yang lain gak usah diceritakan. Hal yang dapat anda ceritakan tentang mengapa tertarik melakukan penelitian tersebut, apa kontribusi penelitian anda di masyarakat, bagaimana tanggapan masyarakat, bagaimana rencana kedepan yang anda lakukan dan sebagainya. Misalnya anda mengangkat masalah tentang jamban sehat, ceritakan mengapa perlu jamban, kerjasama dengan pihak terkait, inovasi yang anda miliki dalam pembuatan jamban contohnya jamban disana dibuat dari bahan lokal di desa tersebut… Banyak yang bisa diceritakan akan lebih dari 150 kata koq…
  • Pengisian deskripsi diri harus disebutkan dengan dampaknya, contoh ada pertanyaan “Berikan contoh nyata semua usaha kreatif yang telah atau sedang Saudara lakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran; dan jelaskan dampaknya !”…. Jawab dengan apa usaha kreatif tersebut, apa dampaknya terhadap kualitas pembelajaran dan jangan lupa…. Sebutkan dampaknya kemahasiswa, misalnya…. Alhamdulillah, dari kegiatan tersebut………. Terlihat perubahan mahasiswa sebanyak 25% dari total 40 siswa, dan saya akan terus berusaha…………….
  • Tahapan selanjutnya adalah berikan bukti memang anda telah melakukkannya… masukkan link jurnal online apabila ada. Anda juga bisa memanfaatkan google drive untuk link nya.  Atau apabila berupa film anda bisa upload film tersebut di youtube… dan berikan url dan link dari kegiatan tersebut.  Ini dilakukan untuk meningkatkan nilai konsistensi anda…  contohnya  dapat dilihat…. Dari pengalaman saya tidak apa-apa kita memasukkan link didalam pernyataan.
  • Terakhir, ingat….!! reviewer serdos merupakan orang yang berpengalaman dan tidak asal dalam menilai seseorang….. usahakan kalimatnya tidak berkesan sombong…. Usahakan kalimat dalam deskripsi diri ….. saya telah berusaha… tapi hasilnya ini…. Kendalanya ini…….atau saya telah berusaha… dan saya akan mencoba hal yang baru nantinya dengan tekhnik……….
  • Maaf teman…. Kalau kata-kata yang aku buat membuat anda tersinggung….bukan bermaksud menggurui, hanya share… pengalaman.. mungkin ini dapat berguna bagi kita semua… bingung…???? Silahkan tinggalkan comment…..

1 Response to "LULUS SERDOS DENGAN MODAL.."

wdcfawqafwef